LBM Madiun Memeriahkan HSN Dengan Menggelar MQK (Musabaqoh Qiroatil Kutub)


1. Pondok pesantren merupakan lembaga pendidikan Islam tertua di Indonesia, yang berfungsi sebagai pusat pendalaman ilmu-ilmu agama Islam (tafaqquh fiddin), dalam upaya mendidik dan mempersiapkan kader-kader ulama, dai, muballigh, ustadz yang sangat dibutuhkan masyarakat.
2. Satu hal yang menjadi ciri khas pondok pesantren adalah penyelenggaraan program kajian ilmu-ilmu agama Islam yang bersumber pada kitab-kitab berbahasa Arab yang disusun pada zaman pertengahan yang lebih dikenal dengan nama kitab kuning (kutub at-turats). Seiring dengan perkembangan zaman, penggunaan kitab kuning (kutub at-turats) sebagai literatur utama mulai berkurang, sehingga banyak alumni pesantren yang kurang mampu mendalami ilmu-ilmu agama Islam dari sumber-sumber utamanya.
3. Dalam upaya meningkatkan kembali perhatian dan kecintaan para santri untuk terus mempelajari kitab-kitab kuning (kutub at-turats) sebagai sumber utama kajian ilmu-ilmu agama Islam, maka perlu diselenggarakan perlombaan membaca, menterjemahkan dan memahami kitab-kitab kuning (kutub at-turats) bagi para santri pondok pesantren, melalui kegiatan Musabaqah Qira’atil Kutub (MQK) antar pondok pesantren. Tentu saja, musabaqah ini bukan hanya semata-mata memperlombakan teknik-teknik membaca sebuah kitab kuning, tetapi juga kemampuan dalam memahami serta menyampaikan kandungan teks kitab kuning yang dibacanya kepada publik. Dengan demikian, forum ini merupakan ajang perlombaan kemampuan dalam membaca, memahami, serta mengungkapkan kandungan kitab kuning secara komprehensif.

Maka dalam hal ini LBM NU Kab. Madiun menangkap fenomena di atas dengan melakukan satu tindakan riil dalam ikut memeriahkan Hari Santri Nasional dengan mengadakan MQK (Musabaqah Qiraotil Kutub) yang InsyaAllah akan dilaksanakan :

Hari                      : Ahad Legi
Tanggal                : 13 Oktober 2019 M. / 14 Shafar 1441 H.
Waktu                  : 08.00 sampai dengan selesai
Tempat                 : PP Darus Salam Mekar Agung Kepuhbeluk Pucanganom Kebonsari Madiun

Lomba ini ditujukan kepada seluruh pondok pesantren dan Madin se Kab. Madiun.
  • Permohonan dan Undangan Madin bisa didownload di sini
  • Form Delegasi Peserta MQK bisa di download di sini
  • Contoh Surat Rekomendasi Pondok bisa didownload di sini
  • Petunjuk teknis pelaksanaan musabaqoh bisa didownload di sini

Informasi lebih lanjut bisa menghubungi panitia

Kyai Anis            081234324667
Gus jauhar        085733322522


Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "LBM Madiun Memeriahkan HSN Dengan Menggelar MQK (Musabaqoh Qiroatil Kutub)"

Posting Komentar