Shalat Rawatib Pada Jama' Taqdim


Assalamu'alaikum wr wb
Pertanyaan dari +62 812-5179-xxxx:
Jika kita sholat jama' taqdim zhuhur dan ashar, apa boleh sholat sunnah ba'diah sesudahnya?

Wa'alaikumus salam wr wb
Tidak boleh, harus berturut-turut dan tidak boleh dijeda dengan melakukan shalat ba'diyah dhuhur atau qobliyyah ashar.
Refrensi :
فتح المعين ١ / ٢١٣
ولجمع تقديم نية جمع في الأولى ولو مع التحلل منها وترتيب وولاء عرفا فلا يضر فصل يسير بأن كان دون قدر ركعتين ولتأخير نية جمع في وقت الأولى ما بقي قدر ركعة وبقاء سفر إلى آخر الثانية

اعانة الطالبين ٢ / ١١٨
وضبطوه بأن لا يفصل بينهما بما يسع ركعتين بأخف ممكن، فإن فصل بينهما بما يسع ذلك ضر ووجب تأخير الثانية إلى وقتها المعتاد، فتضر الصلاة بينهما، ولو راتبة.فإذا أراد أن يصلي رواتب الصلوات صلى القبلية ثم الفرضين، ثم بعدية الأولى ثم قبلية الثانية ثم بعديتها

Diantara syarat jama' taqdim adalah harus berturut turut diantara kedua shalatnya, dan tidak boleh ada jeda diantara keduanya, sebenarnya boleh saja ada jeda, asal durasi jeda yng dimaksud kurang dari ukuran dua roka'at solat yang ringan. 

Fokus pada ibarot:
فتضر الصلاة بينهما، ولو راتبة.
Antara solat pertama dan kedua pada jama' taqdim tidak boleh ada jeda walau dengan solat sunat rowatib.

فإذا أراد أن يصلي رواتب الصلوات صلى القبلية ثم الفرضين، ثم بعدية الأولى ثم قبلية الثانية ثم بعديتها
Dan apabila hendak melaksanakan shalat sunat rowatib (dhuhur dan 'ashar contohnya), maka : laksanakan shalat qobliyyah dhuhur, lalu kedua shalat fardlu (jama' dhuhur dan 'ashar), lalu ba'diyyah dhuhur, lalu qobliyyah 'ashar, atau  apabila hendak melaksanakan solat sunat rowatib (maghrib dan 'isya contohnya), maka : laksanakan shalat qobliyyah maghrib, lalu kedua shalat fardlu (jama' maghrib dan 'isya), lalu ba'diyyah maghrib, lalu qobliyyah 'isya, lalu ba'diyyah 'isya.

Atau lebih spesifiknya bisa dilihat pada keterangan berikut ini:
Imam An-Nawawi (631-676 H) berkata,

وَفِيْ جَمْعِ الْعِشَاءِ وَالْمَغْرِبِ يُصَلِّي الْفَرِيْضَتَيْنِ ثُمَّ سُنَّةَ الْمَغْرِبِ ثُمَّ سُنَّةَ الْعِشَاءِ ثُمَّ الْوِتْرِ وَأَمَّا فِيْ الظُّهْرِ فَالصَّوَابُ الَّذِيْ قَالًهُ الْمُحَقِّقُوْنَ أَنَّهُ يُصَلِّي سُنَّة الظُّهْرِ الَّتِيْ قَبْلَهَا ثُمَّ يُصَلِّي الظُّهْرَ ثُمَّ الْعَصْرَ ثُمَّ سُنَّةَ الظُّهْرِ الَّتِيْ بَعْدَهَا ثُمَّ سُنَّةَ الْعَصْرِ”

Dalam shalat jama’ antara ‘Isya’ dan Maghrib, maka terlebih dahulu melaksanakan kedua shalat fardhu tersebut, kemudian melaksanakan shalat sunnah Maghrib dan shalat sunnah ‘Isya’, setelah itu boleh melaksanakan shalat sunnah witir. Adapun dalam shalat dhuhur (jama’ yang dikerjakan di waktu dhuhur) yang benar adalah pendapat para peneliti yaitu melaksanakan shalat sunnah sebelum dhuhur terlebih dahulu kemudian menjama’ shalat dhuhur dan asar, sesudah itu shalat sunnah ba’diah dhuhur, setelah itu shalat sunnah sebelum asar. (Raudhatu ath-Thalibin, Abu Zakaria Muhyiddin bin Syaraf an-Nawawi ad-Dimasyqi, 1/ 402)

Shalat Rawatib Sesudah Shalat Jama’

Zakaria al-Anshari (823-926 H) juga merupakan salah satu ahli fikih dari madzhab syafi’i menjelaskan,

وَإِنْ جَمَعَ تَقْدِيمًا بَلْ أَوْ تَأْخِيرًا فِيْ الظُّهْرِ وَالْعَصْرِ صَلَّى سُنَّةَ الظُّهْرِ الَّتِيْ قَبْلَهَا ثُمَّ الْفَرِيضَتَيْنِ الظُّهْرَ ثُمَّ الْعَصْرَ ثُمَّ بَاقِيَ السُّنَنِ مُرَتَّبَةً أَيْ سُنَّةَ الظُّهْرِ التي بَعْدَهَا ثُمَّ سُنَّةَ الْعَصْرِ وَفِيْ الْمَغْرِبِ وَالْعِشَاءِ يُصَلِّي الْفَرِيضَتَيْنِ ثُمَّ السُّنَنَ مُرَتَّبَةً سُنَّةَ الْمَغْرِبِ ثُمَّ سُنَّةَ الْعِشَاءِ ثُمَّ الْوِتْرَ.

Apabila jama’ taqdim (dikerjakan di awal) atau bahkan jama’ ta’khir (dikerjakan diwaktu akhir) antara shalat dhuhur dan asar, maka mengerjakan shalat sunnah dhuhur (sunnah qabliyah) terlebih dahulu, kemudian mengerjakan dua shalat fardhu tersebut yaitu shalat dhuhur kemudian asar. Setelah selesai, maka tinggal mengerjakan shalat-shalat sunnah secara tertib yaitu shalat sunnah setelah dhuhur (shalat sunnah ba’diyah) kemudian shalat sunnah asar (qabliyah asar). Adapun dalam shalat jama’ antara maghrib dan ‘isya’ maka shalat dua fardhu terlebih dahulu, setelah itu mengerjakan shalat-shalat sunnah secara tertib yaitu shalat sunnah maghrib (shalat sunnah ba’diyah), shalat sunnah ‘isya’ (shalat sunnah ba’diyah) kemudian shalat witir.
(Asna al-Mathalib, Zakaria bin Muhammad bin Ahmad bin Zakaria al-Anshari as-Sunaiki, 1/245)

Salah satu ahli fikih dari madzhab Hambali yaitu Ibnu Qudamah (541-629), beliau memberikan penjelasan,

وَإِذَا جَمَعَ فِي وَقْتِ الْأُولَى فَلَهُ أَنْ يُصَلِّيَ سُنَّةَ الثَّانِيَةِ مِنْهُمَا وَيُوتِرُ قَبْلَ دُخُولِ وَقْتِ الثَّانِيَةِ لِأَنَّ سُنَّتَهَا تَابِعَةٌ لَهَا فَيَتْبَعُهَا فِي فِعْلِهَا وَوَقْتِهَا وَالْوِتْرُ وَقْتُهُ مَا بَيْنَ صَلَاةِ الْعِشَاءِ إلَى صَلَاةِ الصُّبْحِ وَقَدْ صَلَّى الْعِشَاءَ فَدَخَلَ وَقْتُهُ.

Apabila menjama’ diwaktu awal, maka hendaknya melaksanakan shalat sunnah setelah setesai shalat yang kedua (setelah selesai melaksanakan shalat jama’) kemudian melaksanakan shalat witir walaupun belum masuk waktu yang kedua (waktu shalat ‘isya’) karena hukum shalat sunnah mengikutinya baik dalam pengerjaan atau waktunya. Sedangkan shalat witir waktunya adalah antara shalat ‘isya’ hingga shalat subuh, ketika telah melaksanakan shalat ‘isya’ maka telah masuk waktu shalat witir.
(Al-Mughni, Abdulullah bin Ahmad bin Qudamah al-Maqdisi Abu Muhammad, 2/ 124).
Wallahu A'lam Bish Showab.
Semoga bermanfaat.

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Shalat Rawatib Pada Jama' Taqdim"

Posting Komentar