Kehalalan Ayam Di Pasar Yang Masih Diragukan


Madiun, Rabu 20/03/2019
Hari ini kurang lebih pada pukul 10.30 WIB, Salah satu tokoh Nahdliyyin yang sangat berpengaruh di Kab. Madiun dikejutkan dengan model penyembelihan ayam yang saluran makanan belum terpotong secara sempurna (belum putus). 

Beliau mendapati ayam tersebut setelah dibeli dan sudah sampai di rumahnya, karena memang ada hajatan maka ayam yang disiapkan pun juga tidak sedikit.

Namun setelah melihat model bekas sembelihan ayam seperti itu (saluran makanan cuma dilukai dan tidak sampai putus), maka beliau membuang semua ayam yang telah beliau beli.

Maka dari itu kami menghimbau kepada Umat Islam secara umum dan lebih khususnya warga Madiun untuk lebih berhati-hati dalam membeli ayam di pasar maupun grosir. Teliti dulu apakah saluran makanan dan saluran nafas sudah benar-benar terputus atau cuma sekedar teriris dan belum putus. Jika sudah terputus paka pantas dan layak untuk dibeli dan jika belum putus maka urungkanlah niat anda untuk membelinya, bisa dengan beralih ke penjual lain atau dengan membeli ayam yang masih hidup dan disembelih sendiri maka kehalalan pasti akan lebih terjamin.

Dalam postingan ini, kami tidak bermaksud memojokkan penjual, atau bahkan pemasok ayam seperti kasus di atas, namun lebih kehati-hatian kita untuk memilih perkara yang halal sebagai bahan makanan yang kita konsumsi. 

Berikut kami kutipkan refrensi dari beberapa kitab klasik sebagai argument dalam kasus di atas.

Dalam madzhab Syafi'i, Syarat hewan yang disembelih adalah dipotong saluran pernafasan (al- hulqûm/ trachea) dan saluran pencernaan (al-marî'/ esofagus) terputus dengan sempurna (tidak sekedar dilukai).

مغني المحتاج
فَقَضِيَّةُ كَلَامِهِ أَنَّهُ لَا بُدَّ مِنْ قَطْعِ جَمِيعِ الْحُلْقُومِ وَالْمَرِيءِ وَفِيهِ حَيَاةٌ مُسْتَقِرَّةٌ، وَلَيْسَ بِشَرْطٍ، بَلْ يَكْفِي وُجُودُهَا عِنْدَ ابْتِدَاءِ قَطْعِ الْمَرِيءِ؛ لِأَنَّ أَقْصَى مَا وَقَعَ التَّعَبُّدُ بِهِ أَنْ يَكُونَ فِيهِ حَيَاةٌ مُسْتَقِرَّةٌ عِنْدَ الِابْتِدَاءِ بِقَطْعِ الْمَذْبَحِ

اسنى المطالب
الشَّرْطُ الرَّابِعُ الذَّبْحُ، وَلَا يَحِلُّ حَيَوَانٌ) مَأْكُولٌ (مَقْدُورٌ عَلَيْهِ غَيْرَ السَّمَكِ وَالْجَرَادِ) إنْسِيًّا كَانَ أَوْ وَحْشِيًّا أُضْحِيَّةً كَانَ أَوْ غَيْرَهَا (إلَّا بِالتَّذْفِيفِ بِقَطْعِ جَمِيعِ الْحُلْقُومِ وَالْمَرِيءِ) حَالَةَ كَوْنِ الْقَطْعِ (مَحْضًا) أَيْ خَالِصًا (وَالْحَيَاةِ مُسْتَقِرَّةٌ لَا بِعَظْمٍ وَظُفُرٍ)

قَوْلُهُ بِقَطْعِ جَمِيعِ الْحُلْقُومِ وَالْمَرِيءِ) احْتَرَزَ بِهِ عَمَّا إذَا قَطَعَ الْبَعْضَ وَانْتَهَى الْحَيَوَانُ إلَى حَرَكَةِ الْمَذْبُوحِ، ثُمَّ قَطَعَ بَعْدُ فَلَا يَحِلُّ نَعَمْ يَرُدُّ عَلَيْهِ مَا لَوْ قَطَعَ ذَلِكَ فِي مَرَّتَيْنِ فَإِنَّهُ لَا يَحِلُّ فَلَوْ قَالَا: فِي مَرَّةٍ وَاحِدَةٍ لَكَانَ أَصْوَبَ

الام
(قَالَ الشَّافِعِيُّ) : كَمَالُ الذَّكَاةِ بِأَرْبَعٍ الْحُلْقُومِ وَالْمَرِيءِ وَالْوَدَجَيْنِ وَأَقَلُّ مَا يَكْفِي مِنْ الذَّكَاةِ اثْنَانِ الْحُلْقُومُ وَالْمَرِيءُ وَإِنَّمَا أَحْبَبْنَا أَنْ يُؤْتَى بِالذَّكَاةِ عَلَى الْوَدَجَيْنِ مِنْ قِبَلِ أَنَّهُ إذَا أَتَى عَلَى الْوَدَجَيْنِ فَقَدْ اسْتَوْظَفَ قَطْعَ الْحُلْقُومِ وَالْمَرِيءِ حَتَّى أَبَانَهُمَا وَفِيهِمَا مَوْضِعُ الذَّكَاةِ لَا فِي الْوَدَجَيْنِ لِأَنَّ الْوَدَجَيْنِ عِرْقَانِ قَدْ يَسِيلَانِ مِنْ الْإِنْسَانِ ثُمَّ يَحْيَا وَالْمَرِيءُ هُوَ الْمَوْضِعُ الَّذِي يَدْخُلُ فِيهِ طَعَامُ كُلِّ خَلْقٍ يَأْكُلُ مِنْ بَشَرٍ أَوْ بَهِيمَةٍ وَالْحُلْقُومُ مَوْضِعُ النَّفَسِ وَإِذَا بَانَا فَلَا حَيَاةَ تُجَاوِزُ طُرْفَةَ عَيْنٍ

اللباب
وأقل ما يجزئ من الذكاة أن يبين الحلقوم والمرئ
Paling sedikit penyembelihan adalah memutus khulqum dan mari'

تحفة المحتاج
(وَذَكَاةُ كُلِّ حَيَوَانٍ) بَرِّيٍّ، وَحْشِيٍّ، أَوْ إنْسِيٍّ (قَدَرَ عَلَيْهِ بِقَطْعِ كُلِّ الْحُلْقُومِ، وَهُوَ مَخْرَجُ النَّفَسِ) يَعْنِي: مَجْرَاهُ دُخُولًا، وَخُرُوجًا

Tambah lagi sebagai penguat dari refrensi di atas, kami tampilkan kasus pemotongan yang separuh hulqum dilakukukan oleh orang islam dan separuhnya hulkum yang lain dilakukan oleh orang majusi, maka model seperti ini adalah haram

العزيز
وكما تحرم ذَبِيحَةُ المَجُوسِيِّ، ومن في معناه يُحَرَّمُ ما قَتَلَهُ من الصُّيُودِ بالرَّمْيِ، وإرْسَالِ الكَلْبِ، وكما يُحَرَّمُ ما انْفَرَدَ المَجُوسِيُّ بذَبْحِهِ واصْطِيَادِهِ، يُحَرَّمُ ما اشترك فيه المُسْلِمُ والمَجُوسِيُّ تَغْلِيباً للحريم، فلو أمَرَّ السَّكينَ على حَلْقِ الشَّاةِ، أو قطع هذا بعض الحُلْقُومِ، وهذا بَعْضُهُ فهو حَرَامٌ.

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Kehalalan Ayam Di Pasar Yang Masih Diragukan"

Posting Komentar