Hadats Kecil Membaca Aplikasi AlQur'an



Pertanyaan :
Assalamualaikum ustadz...
Perkenankan saya mengajukan satu pertanyaan yang kami sangat membutuhkan jawaban dan solusinya.
Bagaimana hukum baca alquran di aplikasi hp dalam keadaan berhadats atau tidak mempunyai wudlu.

Jawaban :
Wa'alaikumus salam wr wb.
Pada kesempatan ini akan kami bagu menjadi dua pembahasan :
1. Hukum membaca al qur'an bagi seseorang yang hadats kecil
2. Hukum memegang al qur'an bagi seseorang yang hadats kecil

Langsung saja,  untuk bahasan pertama :
Membaca Al-Qur'an tanpa wudhu hukumnya boleh, namun demikian disunnahkan sebelum membaca Al-Qur'an itu berwudhu dulu. Hal ini sesuai dengan pendapat para ulama, di antaranya adalah :

المجموع ٢ / ١٦٣
(السَّادِسَةُ) أَجْمَعَ الْمُسْلِمُونَ عَلَى جَوَازِ قِرَاءَةِ الْقُرْآنِ لِلْمُحْدِثِ الْحَدَثَ الْأَصْغَرَ وَالْأَفْضَلُ أَنْ يتوضأ لها قال امام الحرمين وغيره ولايقال قِرَاءَةُ الْمُحْدِثِ مَكْرُوهَةٌ فَقَدْ صَحَّ عَنْ النَّبِيِّ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ (أَنَّهُ كَانَ يَقْرَأُ مَعَ الْحَدَثِ) وَالْمُسْتَحَاضَةُ فِي الزَّمَنِ الْمَحْكُومِ بِأَنَّهُ طُهْرٌ

Ulama' sepakat tentang diperbolehkannya (bahkan tidak dianggap makruh) orang yang hadats kecil untuk membaca Al-quran namun lebih utama baginya adalah tersuci dahulu sebelum membacanya.

التبيان في اداب حملة القران ٥٤
يُسْتَحَبُّ أَنْ يَقْرَأَ وَهُوَ عَلَى طَهَرَاةٍِ فَإِنَّ قَرَأَ مُحْدَثًا جَازَ بِإِجْمَاعِ الْمُسْلِمِيْنَ وَالْأَحَادِيْثُ فِيْهِ كَثِيْرَةٌ مَعْرُوْفَةٌ
Disunnahkan agar seseorang membaca Al-Qur'an dalam keadaan suci. Jika ia membaca Al-Qur'an tanpa wudhu, maka hukumnya adalah boleh dengan ijmak umat Islam dan hadits yang menerangkan demikian itu banyak dan telah dimaklumi.

الفقه الاسلامي وادلته ١ / ٣٩٥
وَاتَّفَقَ الْفُقَهَاءُ عَلَى ُأَنَّ غَيْرَ الْمُتَوَضِّئِ يَجُوْزُ لَهُ تِلَاوَةُ الْقُرْآنِ أَوِ النَّظَرُ إِلَيْهِ دُوْنَ لَمْسِهِ، كَمَا أَجَازُوْا لِلصَّبِيِّ لَمْسَ الْقُرْآنِ لِلتَّعَلُّمِ؛ لِأَنَّهُ غَيْرُ مُكَلَّفٍ، وَالْأَفْضَلُ اَلتَّوَضُّؤُ. وَقَدْ حَرَّمَ الْمَالِكِيَّةُ وَالشَّافِعِيَّةُ مَسَّ الْقُرْآنِ بِالْحَدَثِ الْأَصْغَرِ وَلَوْ بِحَائِلٍ أَوْ عُوْدٍ، وَأَجَازَ الْحَنَفِيَّةُ وَالْحَنَابِلَةُ مَسَّهُ بِحَائِلٍ أَوْ عُوْدٍ طَاِهِرَيْنِ.

"Para Ulama Ahli Fiqh (Hanafiyah, Syafi’iyyah, malikiyyah dan hanabilah) sepakat membolehkan membaca alQuran atau sekedar melihatnya meskipun tanpa wudhu tapi tidak menyentuhnya, mereka juga sepakat bagi anak-anak kecil juga dibolehkan memegang al Quran untuk belajar karena mereka masih belum mukallaf namun yang utama tetap memakai wudhu. Kalangan Malikiyyah dan Syafi’iyyah mengharamkan memegang al Quran saat seseorang menanggung hadats kecil meskipun memakai sarana ha`il (penghalang) atau kayu (tidak menyentuhnya secara langsung) namun kalangan Hanafiyyah dan Hanabilah membolehkannya asalkan penghalang dan kayunya suci dari najis."

الاتقان في علوم القرآن ١ / ١٢٥
يُسْتَحَبُّ اْلوُضُوْءُ لِقِرَاءَةِ اْلقُرْآنِ لِأَنَّهُ أَفْضَلُ اْلأَذْكَارِ، وَقَدْ كَانَ صَلَّى اللهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ يَكْرَهُ أَنْ يَذْكُرَ اللهَ إِلَّا عَلَى طُهْرٍ كَمَا ثَبَتَ فِي الْحَدِيْثِ

Disunnahkan berwudhu ketika membaca Al-Qur'an, karena membaca Al-Qur'an itu seutama-utama dzikir, sedangkan Nabi saw sendiri tidak menyukai berdzikir kepada Allah kecuali dalam keadaan bersuci. Penjelasan mengenai hal ini terdapat dalam sebuah hadits yang kuat.

Sedangkan untuk permasalahan yang kedua yakni Hukum memegang al qur'an bagi seseorang yang hadats kecil apakah diperbolehkan?
Maka jawaban selengkapnya bisa dilihat di sini. 

Lantas apakah aplikasi Alqur'an yang berada dalam hp android itu hukumnya sama seperti mushaf?
Dalam hal ini ulama' memberikan definisi bahwa mushaf/alqur'an adalah tulisan yang tujuannya ditulis adalah untuk bacaan / dirosah, sehingga ketika tujuannya menulis untuk tamimah, keberkahan atau sejenisnya maka tidak dianggap mushaf.
Sedangkan tulisan alquran yang ada dalam HP/PC hanya merupakan pancaran yang dihasilkan dari sinar dan bukan tulisan maka tidak masalah tanpa adanya wudhu.

تحفة المحتاج ٢ / ١٣٢
وَيُؤْخَذُ مِنْهُ أَنَّهُ لَوْ نَقَشَ الْقُرْآنَ عَلَى خَشَبَةٍ وَخَتَمَ بِهَا الْأَوْرَاقَ بِقَصْدِ الْقِرَاءَةِ وَصَارَ يَقْرَأُ يَحْرُمُ مَسُّهَا ، وَلَيْسَ مِنْ الْكِتَابَةِ مَا يُقَصُّ بِالْمِقَصِّ عَلَى صُورَةِ حُرُوفِ الْقُرْآنِ مِنْ وَرَقٍ أَوْ قُمَاشٍ فَلَا يَحْرُمُ مَسُّهُ ا هـ قَوْلُ الْمَتْنِ

Kesimpulan : seseorang yang sedang hadats kecil membaca Alqur'an lewat sebuah Aplikasi Al-Qur'an di hp adalah boleh, namun lebih utamanya adalah tetap bersuci.
Wallahu A'lam

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Hadats Kecil Membaca Aplikasi AlQur'an"

Post a Comment