AIR ZAM-ZAM DI MALAM ASYURO'

Ada rahasia di malam Asyura yang perlu kiranya kita ketahui, yang juga menjadi alasan mengapa dianjurkan mandi dan minum di malam harinya. Di malam Asyura, Malaikat turun ke bumi untuk mengubah semua air dunia menjadi memiliki keutamaan sebagaimana zam-zam. Sehingga siapapun yang mandi dimalamnya insya Allah akan disembuhkan dari berbagai macam penyakit sepanjang tahun hingga tiba di hari Asyura tahun berikutnya. Dan bagi yang meminumnya seperti minum zam-zam yang di dalamnya terdapat molekul-molekul hidup yang berfungsi sesuai dengan niat peminumnya. Jika diniati sebagai obat niscaya akan menjadi obat dan insya Allah akan disembuhkan. Wallāhu A'lam
Ketika mandi atau meminumnya niatilah Semoga di ampuni dosa-dosanya juga orang tuanya, dipanjangkan umurnya dalam ketaatan kepada Allah, disembuhkan semua penyakitnya, dijauhkan dari marabahaya dan musibah dan kebutuhan lainnya karena Allah dzat yang mengabulkan segala kebutuhan mahluk-Nya.
Doa ketika minum air, agar air tersebut menjadi seperti air zam-zam dari Hubabah Ummu Salim (Istri Habib Umar bin Hafidz):

يا ماء ماء زمزم يقرؤك السلام

(Yā māu māu zam zam yuqriukassalām).
المجالس لابن الجوزي ص: ٧٣
اَلْفَائِدَةُ اْلأُوْلَى: يَنْبَغِيْ أَنْ تَغْسِلَ يَوْمَ عَاشُوْرَاءَ، وَقَدْ ذُكِرَ أَنَّ اللهَ تَعَالَى يَخْرِقُ فِيْ تِلْكَ اللَّيْلَةِ زَمْزَمَ إِلىَ سَائِرِ الْمِيَاهِ، فَمَنِ اغْتَسَلَ يَوْمَئِذٍ أَمِنَ مِنَ الْمَرَضِ فِيْ جَمِيْعِ السَّنَةِ، وَهَذَا لَيْسَ بِحَدِيْثٍ، بَلْ يُرْوَى عَنْ عَلِيِّ بْنِ أَبِيْ طَالِبٍ رَضِيَ اللهُ عَنْهُ.
Dianjurkan Mandi pada hari Asyuro. Telah disebutkan bahwa Alloh Subhanahu wa Ta'ala membedah komunikasi air Zamzam dengan seluruh air pada malam Asyuro’. Karena itu, siapa yang mandi pada hari tersebut, maka akan aman dari penyakit selama setahun. Ini bukan hadits, akan tetapi diriwayatkan dari Ali bin Abi Tholib r.a.
Ubaidillah Arsyad
اللهم صل وسلم وبارك على سيدنا محمد وعلى اله وصحبه اجمعين

ARTIKEL SELANJUTNYA Next Post
PREVIOUS ARTICLE Previous Post
ARTIKEL SELANJUTNYA Next Post
PREVIOUS ARTICLE Previous Post
 

by Official Pesantren NUsantara