Menstruasi yang membingungkan


Pertanyaan titipan dari saudara jin key :
Deskripsi masalah
Hari pertama romadhon keluar darah sampai hari ke 8, kemudian mandi junub. Sejak hari ke 9 sudah tidak keluar darah sampai hari ke 18, namun pada hari ke 19 keluar darah lagi selama 17 hari yakni sampai tanggal 5 syawal (umur romadhon 30 hari) dan dalam permasalahan ini waktu suci kurang dari 15 hari.
Pertanyaan :
1. Haidnya berapa hari?
2. Pada tgl 19 romadhon sampai 5 syawal apakah wajib sholat, dan apakah harus mandi junub sebelum melaksanakan sholat tersebut?
3. Apakah puasa yang dilakukan pada tanggal 9 sampai tanggal 18 dianggap sah?
NB:
Baru pertama kali haid (mubtadaah)
Darah tidak bisa dibedakan kuat fan lemahnya (ghoiru mumayyizah)
Jawaban:
1. Pada tanggal 1 romadhon sampai 8 romadhon dihitung sebagai haid pertama, tanggal 9 romadhon sampai 23 romadhon dihitung sebagai masa suci (dengan memasukkan tanggal 19, 20, 21, 22, 23 sebagai penyempurna masa suci), tanggal 24 romadhon sampai 5 syawal dihitung sebagai haid yang kedua.
2. Yang diwajibkan sholat adalah tanggal 19 romadhon sampai 23 romadhon (walaupun mengeluarkan darah, dengan cara membersihkan dan menyumbat kemaluannya lalu berwudlu). Dan dia cukip mandi di tgl 23 pada jam sesuai tanggal 98 romadhon, kecuali ketika dia tidak ingat sama sekali mampet / berhentinya darah di tanggal 8 romadhon maka dia di tanggal 23 wajib mandi junub selama 5 waktu sholat.
3. Puasa yang dilakukan di tanggal 9 sampai 18 dianggap sah (bahkan sampai 23 juga dianggap sah).
Wallahu a'lam bis showab.
ARTIKEL SELANJUTNYA Next Post
PREVIOUS ARTICLE Previous Post
ARTIKEL SELANJUTNYA Next Post
PREVIOUS ARTICLE Previous Post
 

by Official Pesantren NUsantara