Kitab Fathul Mu'in Makna Pesantren


Dikalangan pesantren salaf, utamanya di indonesia yang notabene masih memegang teguh kitab Turots Islami tentunya tidak asing lagi dengan kitab yang bernama Fathul Mu’in, sebuah kitab yang dikarang oleh seorang Ulama yang begitu Alim dan tokoh Shufi yang terkenal manjur Do'anya yaitu Syeh Zainuddin bin Muhammad al Ghozaly al Malibary .
Kitab Fathul Mu'in merupakan salah satu karya monumental ulama muta’akhirin dari kalangan Syafi’iyah yang menjadi standar kitab bagi pesantren di Indonesia. Bahkan di beberapa pesantren, kitab tersebut sebagai tolok ukur santri dalam penguasaan kitab Salaf. Sebuah Kitab kecil yang banyak sekali memiliki keunggulan dibanding kitab-kitab lain dan diajarkan hampir di semua pesantren yang berhaluan Ahli Sunnah syafi’iyah di Dunia ini.
Kitab Fathul Mu'in adalah Kitab Syarah Qurrotul 'Ain Fi Muhimmatu al Din, sebuah Syarah yang menjelaskan ma'na murod, menghasilkan maksud dan menjelaskan bebarapa faidah, sebagaimana di jelaskan dalam muqoddimah kitab tersebut.
Kitab Qurrotul 'Ain sendiri merupakan karya Syeh Zaenudin al Malibari sendiri, sebuah kitab yang sangat barokah, sebagaimana pengakuan dari Syeh Bakri Satho dalam Hasyah I'anahnya, karena kitab ini telah di do'akan oleh pengarangnya yang mustajab do'anya supaya kitab ini membawa menfaat bagi para pembacanya.
Berangkat dari kemajuan teknologi maka dalam hal ini lewat web yang sederhana ini kami suguhkan kitab Fathul Mu'in bilmakna ala pesantren tentunya dengan harapan lebih mudah untuk difahami, sebagaimana metode memaknaikitab sebagai proses transfer ilmu yang ada di dunia pesantren. Dengan suguhan kitab makna ini harapan semakin banyak yang membaca dan mendalami kitab tersebut dan mendapatkan manfaat dan barokah dari Allah dengan wasilah muallifnya.
Link download kitab fathul mu'in makna :
ARTIKEL SELANJUTNYA Next Post
PREVIOUS ARTICLE Previous Post
ARTIKEL SELANJUTNYA Next Post
PREVIOUS ARTICLE Previous Post
 

by Official Pesantren NUsantara